Cara membuat vector baju tentara dengan mudah di Infinite Design

Dalam membuat vector wajah bukan hanya pada bagian shading wajah yang menjadi kendala, tetapi bagian baju ataupun atribut bisa menjadi suatu kendala yang bisa membuat kita pusing. Biasanya kendalanya seperti baju yang memiliki corak dan pada tahap bagian shadingnya. Sehingga kita selalu stuck pada tahap ini.

Salah satu baju yang sangat sulit untuk dibuat vector adalah baju tentara yang memiliki atribut + corak yang acak-acakan, dan juga bagian shading yang sangat sulit kita tebak.

Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana membuat vector baju yang bercorak dan bagaimana memberi shadingnya dengan mudah. Tentunya dengan menggunakan cara yang sering saya gunakan. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan baju tentara sebagai contoh eksekusi saya pada tutorial kali ini.

Sehingga nanti hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini.



Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya, silahkan simak tutorialnya dibawah ini.
Sebelum masuk ke tahap pembuatan vector bajunya, tentunya kamu harus membuat bagian yang lainnya terlebih dahulu seperti vector bagian kepala dan tangan ataupun yang lainnya. Tapi itu tergantung kamu, jika kamu ingin mendahulukan terlebih dahulu bajunyapun tidak masalah.

Oke, yang pertama harus kita buat adalah membuat terlebih dahulu warna dasar dari bajunya. Dikarenakan baju tentara memiliki warna yang banyak seperti hijau, cokelat, dan lainnya. Maka kita bisa memilih salah satu dari warna tersebut. Disini saya menggunakan warna hijau untuk dijadikan sebagai warna dasar.

Maka ubah warna ke warna hijau yang sama dengan warna hijau pada photo aslinya dengan cara menyuntikannya langsung ke warna hijau pada bajunya. Kemudian gunakan tool Pen dan brush Lasso serta jangan lupa buat terlebih dahulu layer baru dan simpan paling bawah. Selanjutnya silahkan buat warna dasarnya sehingga menjadi seperti dibawah ini.



Jika warna dasar selesai dibuat, maka yang selanjutnya adalah kita buat corak warna selanjutnya. Disini selanjutnya saya membuat corak warna cokelat terlebih dahulu dengan menyuntikannya lagi ke warna cokelat pada baju photo aslinya.

Tidak perlu buat layer baru juga, sehingga kita timpa saja dengan warna dasar yang kita buat tadi. Tool dan brush kita masih menggunakan yang sama. Atau kamu juga bisa menggunakan tool Lazy dan brush Lasso jika ingin cepat. Namun kekurangannya hasilnya akan tidak rapih.

Kemudian silahkan kamu buat corak warna cokelatnya seperti dibawah ini. Pastikan semuanya terbuat.



Lalu selanjutnya kita langsung membuat corak yang selanjutnya. Disini saya membuat corak warna cokelat yang lebih gelap dengan cara menyuntikannya ke warna cokelat gelap pada photo aslinya. Sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini.



Jika sudah seperti diatas, maka selanjutnya kita buat corak warna yang selanjutnya. Disini saya menyuntikan ke warna putih berdasarkan pada photo aslinya. Kemudian buat juga dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Dan pastikan juga semua corak warna putihnya terbuat seperti dibawah ini.



Jika sudah seperti diatas, maka selesai sudah kita membuat corak baju tentaranya. Walaupun belum terlihat seperti baju melainkan terlihat corat-coret biasa, itu tidak masalah. Karena nanti akan kita buat shadingnya.



Sebelum masuk ke tahap shading, ada yang paling penting lagi yang jangan kita tinggalkan. Yaitu bagian atribut pada bajunya. Maka silahkan kamu buat atribut pada bajunya dengan menggunakan warna yang sama dengan warna atribut pada photo aslinya dengan cara menyuntikannya.

Jika menurut kamu tidak sesuai warnanya, kamu bisa mengimprovnya sendiri. Sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini.



Nah, jika corak dan atribut semuanya sudah dibuat. Maka yang selanjutnya adalah kita masuk ke tahap pembuatan shading bajunya.

Disini kita tidak perlu menentukan warna yang akan menjadi shading. Karena tidak memungkin disebabkan adanya corak yang berbeda warna pada bajunya. Sehingga disini kita menggunakan warna hitam dan ubah opacitynya kurang lebih seperti dibawah ini.



Selanjutnya silahkan gunakan tool Pen dan bruh Lasso untuk mendesign shadingnya. Kemudian buatlah shadingnya dengan mengikuti alur pada baju aslinya.

Pada setiap shading, seperti shading yang pertama dan kedua harus beda ukuran opacitynya. Jika shading pertama opacitynya adalah 45% maka untuk shading yang kedua silahkan kamu naikkan menjadi 50/55%. Opacitynya terus bertambah jika kamu berganti shadingnya.

Untuk membuat masih disatukan dengan layer warna dasar baju.

Maka hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini dengan langsung membuat shading pertama, kedua, dan ketiga. Jangan lupa gunakan tool segment untuk memotong bagian shading yang offside dari warna dasar pada baju.



Kemudian yang terakhir adalah kita membuat warna terangnya. Karena tidak memungkinkan juga kitra menentukan warna terang secara manual. Maka disini saya menggunakan warna putih sebagai warna terangnya seperti dibawah ini. Dan jangan lupa langsung gradient dengan setingan kedua titik gradient menggunakan warna putih dengan salah satu opacity titik gradient adalah 0%.



Jika sudah seperti diatas, maka selesai sudah kita membuat vector bajunya. Silahkan kamu cek terlebih dahulu dengan teliti  apakah ada bagian yang fail atau tidak.

Jika menurut kamu sudah tidak ada yang fail, silahkan langsung saja ke masuk ke tahap selanjutnya.
Nah itulah sedikit tutorial cara membuat baju tentara dengan mudah yang bisa saya bagikan. Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara membuat vector baju tentara dengan mudah di Infinite Design"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel