Membuat Vector Pak Ganjar Pranowo sedang promosi produk di Infinite Design PART 1 (Rambut, Mata, Bibir, Gigi)

Pada kali ini saya akan membagikan bagaimana saya membuat vector kartun seseorang dimana memanipulisanya dengan mengubah pose orang tersebut dengan sesuai keinginan kita. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan modelnya yaitu Pak Ganjar Pranowo. Ya Gubernur dari Provinsi Jawa Tengah.

Alasan kenapa saya menggunakan photo beliau adalah karena sebelumnya saya mendapatkan orderan dari seseorang dimana dia ingin membuat promosi produknya dengan cara yang unik yaitu dengan photo kartun dimana modelnya pak Ganjar ini. Dia ingin seolah-olah Pak Ganjar Pranowo ini terlihat sedang mempromosikan produknya. Walaupun dari photo aslinya Pak Ganjar ini tidak sedang promosi.

Berikut adalah hasilnya yang sudah saya buat.


Ada 3 tahap pendesignan untuk membuat vector seperti diatas. Dimana saya membuat vector kepala sampai lehernya terlebih dahulu. Kemudian membuat vector tangan dengan pose yang kita inginkan (kamu bisa cari di google photo tangan dengan pose yang kamu inginkan), dan terakhir adalah mendesign produknya (tentu kamu harus mempunyai contoh produk yang ingin kamu promosikan) disini saya menggunakan produk kacang Mete, karena si client yang meminta dan dia juga yang memberikan gambar contohnya. Sehingga saya tinggal mendesignnya saja.

Vector ini sangat cocok bagi kamu yang membuka usaha dan ingin membuat teknik promosi yang unik supaya banyak pelanggan yang tertarik dengan produk kamu, terutama buat kamu yang buka usaha melalui media sosial.

Disini saya hanya menggunakan 1 aplikasi saja dan hanya menggunakan android. Sehingga berikut yang saya butuhkan dalam membuat vector manipulasi ini.

  1. Aplikasi Infinite Design apk
  2. Photo Pak  Ganjar Pranowo DOWNLOAD
  3. Gambar tangan dengan pose yang kita inginkan
  4. Pallet DOWNLOAD
Silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti diatas sebelum masuk ke tahap designingnya.

Jika sudah maenyiapkan  bahan-bahanya, silahkan kamu simak tutorialnya berikut ini.
Seperti biasa hal yang pertama kita lakukan adalah membuat terlebih dahulu bagian rambut, mata, dan mulutnya terlebih dahulu.

Untuk membuat mata tentu kita harus membuat bulu matanya terlebih dahulu. Silahkan gunakan tool Pen dan Brush Lasso kemudian ubah warna ke warna line art pada pallet yang sudah saya sediakan diatas. Selanjutnya silahkan trace bulu matanya dengan mengikuti gambar aslinya seperti dibawah ini dan jangan lupa aktifkan outlinenya terlebih dahulu dengan cara klik icon gir diatas kiri dan centang outlinenya.


Setiap apapun yang kita buat, jangan lupa setiap ujungnya disatukan dengan ujungnya lagi. Ini supaya jika kamu menunda projek ini untuk dikerjakan dilain waktu, maka tidak akan ngebug.

Jangan lupa buat juga alis dan rambutnya. Untuk rambutnya saya menggunakan warna gigi yang paling gelap yang sudah saya sediakan di pallet diatas. Karena dari photo aslinya, Pak Ganjar ini rambutnya sudah beruban. Sehingga kita buat rambutnya dengan warna abu-abu. Dan juga buatlah semua itu dalam 1 layer. Sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini. Jangan lupa matikan outline untuk melihat hasilnya.


Jika sudah seperti diatas, selanjutnya kita buat terlebih dahulu rambutnya menjadi terlihat lebih hidup dengan membuat shading rambutnya. Disini saya menggunakan warna gigi no 2 atau yang tengah untuk warna cerah rambut yang pertama. 

Silahkan kamu buat warna cerah pertama dengan menggunakan tool yang sama seperti sebelumnya dan ikuti alur dari rambut photo aslinya. Buatlah shadingnya dengan leluas, tak apa melebihi rambut dasarnya kita bisa menggunakan tool segment untuk memotongnya dengan rapih seperti dibawah ini.


Jika sudah, selanjutnya kamu buat warna cerah rambut keduanya dengan menggunakan warna gigi pada pallet yang paling cerah. Dan jangan lupa beri graadient dengan menggunakan tool gradient dimana salah satu sisi gradientnya 0% Opacity dengan kedua belah sisi gradient menggunakan warna yang sama yaitu warna gigi yang paling cerah seperti dibawah ini. 


Silahkan kamu sesuaikan gradientnya dimana untuk yang 0% opacity berada pada sisi pencahayaan yang gelap dan salah satu ujung gradient (100% Opacity) berada pada sisi pencahayaan terang. Dikarenakan pencahayaannya pada photo aslinya tepat didepan sehingga hasilnya akan seperti dibawah ini.

Jika rambut sudah selesai kita buat, maka yang selanjutnya adalah kita membuat bagian matanya. Silahkan  buat layer baru dan simpan tepat dibawah layer rambut yang tadi. Kemudian ubahlah warna ke warna no 2 pada warna gigi pada pallet dan gunakan tool PEN dan brush Lasso. Lalu buatlah warna dasarnya terlebih dahulu seperti dibawah ini.

Kemudian kita buat lensa matanya dengan menggunakan warna line art pada pallet dan dengan tool Lingkaran serta brush Lasso. Disini saya masih menggunakan layer yang sama dengan layer warna dasar matanya.

Dikarenakan pada photo aslinya Pak Ganjar ini tidak melihat kamera, sedangkan untuk promosi produk mata pasti melihat kepada kamera. Sehingga disini mengubah letak lensa matanya menjadi terlihat sedang menyorot kamera seperti dibawah ini. Dan jangan lupa gunakan tool Segment untuk memotong bagiannya yang terlalu offside.

Kemudian yang selanjutnya adalah kita buat warna cerah dari putih matanya dengan menggunakan warna gigi yang paling cerah pada pallet. Dan jangan lupa gunakan tool segment seperti dibawah ini.


Dikarenakan lensa matanya tertutupi atau ada dibagian  bawah putih matanya, maka gunakan tool select dan klik lensa matanya dan plih “Ke Depan” sehingga hasilnya lensa mata akan ada didepan seperti dibawah ini.

Jangan lupa buat pantulan cahaya dengan menggunakan warna putih dan sedikit daging kecil dipojok seperti diatas menggunakan warna bibir yang paling gelap pada pallet.


Jika matanya sudah dibuat, maka yang selanjutnya adalah kita membuat bagian bibir dan giginya.
Untuk membuatnya kita buat terlebih dahulu warna dasar untuk bibirnya dengan menggunakan warna bibir no 3 pada pallet jika dihitung dari yang paling gelap dengan menggunakan tool Pen dan brush Lasso. Silahkan buatlah warna dasarnya seperti dibawah ini dengan masih dalam 1 layer dengan layer mata yang kita buat tadi.

Selanjutnya kita buat warna gelap yang pertama dengan menggunakan warna bibir no 2 dari pallet, dan buatlah seperti dibawah ini dimana menutupi 50% keatas dari warna dasar. Ini adalah teknik yang sering saya gunakan ketika membuat bibir di semua vector dengan model yang berbeda. Walaupun kita juga harus menyesuaikan bentuk shading dengan di photo aslinya. Jangan lupa gunakan tool segment untuk memotong bagian shading yang keluar batas dari warna dasar.

Kemudian kita buat warna gelap kedua dari bibirnya dengan mengunakan warna bibir yang paling gelap pada pallet atau sebut saja no 1. Untuk membuatnya kamu tinggal menimpa saja pada warna shading gelap yang pertama dengan mengikuti alur dari photo aslinya. Seperti biasa, kamu harus peka terhadap tahapan-tahapan dari yang paling gelap sampai yang paling terang. Sehingga hasilnya seperti dibawah ini.

Jika warna gelap yang kedua sudah dibuat, maka yang selanjutnya adalah warna yang paling gelap. Dikarenakan saya tidak memasukan warna bibir yang paling gelap pada pallet, maka kamu harus mengubah warnanya secara manual.

Caranya sangat mudah, pastikan warna yang sedang kamu gunakan adalah warna gelap bibir yang kedua, kemudian silahkan kamu tarik lingkaran warna yang menunjukan warna yang sedang kamu gunakan ke bawah sedikit saja. Sehingga warna akan berubah menjadi sedikit agak gelap.

Jika sudah, silahkan kamu langsung buat warna bibir yang paling gelapnya seperti dibawah ini dan jangn lupa langsung saja membuat  2 warna terangnya dimana untuk yang paling terang silahkan langsung gradient dengan kedua gradient mengunakan warna yang sama atau warna no 5 pada pallet bibir. Untuk warna terang pertamanya gunakan warna no 4 pada pallet bibir.

Jika photo yang sedang kamu buat vector tidak sedaang memperlihatkan gigi, maka kamu tidak perlu membuat warna yang paling gelap seperti diatas. Cukup sampai warna gelap yang kedua. Walaupun dikondisi lainnya memperlukan warna yang paling gelap.

Selanjutnya kita masuk ke tahap pembuatan giginya dengan menggunakan layer baru dan simpan tepat diatas layer bibir tadi.

Seperti cara yang sebelumnya, kita buat terlebih dahulu warna dasar dari giginya dengan menggunakan warna gigi no 2 pada pallet dan masih dalam 1 layer serta tool Pen dan brush Lasso. Lalu silahkan buat warna dasarnya seperti dibawah ini dimana hanya warna dasar dari gigi yang paling atas terlebih dahulu.

Kemudian kita buat warna terangnya dengan menggunakan warna yang paling terang pada pallet gigi. Ketika kamu membuat warna terang ini, pastikan membentuk setiap barisan giginya seperti dibawah ini. Gunakan pula tool segment untuk memotong bagian warna terang yang offside.


Jika sudah terbuat, maka yang selanjutnya adalah kita beri effect gradient gigi terangnya supaya terlihat lebih real giginya. Untuk memberi gradient, sebelumnya kamu harus select terlebih dahulu setengah dari jumlah warna terangnya seperti dibawah ini dan pilih grup. Maka dari warna terang yang kita select tadi akan menjadi satu. Buatlah yang setengahnya juga menjadi 1 grup.


Sehingga warna terang akan menjadi 2 grup. Masing-masing grup tersebut silahkan kamu gradient dengan warna yang sama yaitu warna terang gigi dan salah satu ujung gradientnya adalah 0% opacity. Sesuaikan gradientnya dimana ujung yang 0% opacity ada dibagian sisi dan yang 100% opacity ada dibagian tengah seperti dibawah ini karena 0% opacity adalah menunjukan bagian yang sedikit gelap.


Selanjutnya kita buat bagian gusinya dengan menggunakan warna gelap bibir yang kedua di pallet. Bagian gusi ini adalah bagian gigi yang paling atasnya. Untuk memperjelas silahkan kamu perhatikan dibawah ini. Jangan lupa gunakan tool segment untuk memotongnya.


Maka hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini. Dikarenakan pada photo aslinya terdapat telihat gigi bagian bawahnya, maka saya membuatnya dengan menggunakan warna gigi yang kedua atau yang tengah jika pada pallet.

Jika sudah seperti diatas, maka selanjutnya kita bisa masuk ke tahap pembuatan vector wajahnya.
Namun sebelum masuk ketahap selanjutnya, pastikan terlebih dahulu tidak ada bagian yang fail supaya kamu tidak perlu repot-repot merevisinya ketika semuanya hampir selesai.
Untuk tutorial bagian wajahnya, akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. So, terus pantau blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial vector lainnya berupa artikel. 

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini ya...

Semoga bermanfaat :)

Untuk PART 2-nya silahkan cek dengan cara klik link dibawah ini.

PART 2

1 Response to "Membuat Vector Pak Ganjar Pranowo sedang promosi produk di Infinite Design PART 1 (Rambut, Mata, Bibir, Gigi)"

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel