Cara memberikan fungsi menampilkan form lain pada button pada Visual Studio

Untuk membuat sebuah aplikasi di Visual Basic 2012 kita di haruskan untuk menguasai cara membuat fungsi-fungsi di setiap objek pada aplikasi yang kita buat. Untuk memberikan fungsi pada suatu objek pada aplikasi Visual Basic yaitu dengan menggunakan suatu syntax yang akan membuat sebuah kejadian yang kita inginkan. Syntax yang dibuat harus bereupa sebuah script/coding tertentu yang sesuai dengan kejadian yang diinginkan.

Baca Juga : Cara membuat Button Update atau Edit data di Projek Visual Studio

Salah satu syntax yang akan saya jelaskan pada artikel ini yaitu syntax yang menampilkan suatu form jika suatu button/tombol diklik atau juga di double klik. Salah satu contoh, jika Anda membuat sebuah aplikasi Penjualan di Visual Basic maka yang akan kita butuhkan salah satunya halaman awal. Halaman awal tersebut terdiri dari tombol Transaksi salah satu contohnya. Nah untuk kita masuk ke form Transaksi kita dibutuhkan sebuah syntax yang akan menampilkan Form Transaksi.
Sesuai Topik pembahasan dimana kita membahas suatu syntax yang akan menampilkan suatu form jika suatu button diklik. Untuk lebih memahaminya, yu simak tutorialnya dibawah ini.

design sederhana dan tombol yang akan diberi fungsi

  • Untuk mempraktikan cara memberikan fungsi pada button, saya akan mempraktekannya pada aplikasi yang saya buat sebagai contoh saya menggunakan aplikasi penjualan yang saya buat seperti gambar diatas ini.
  • Double klik button yang akan diberi fungsi pindah form, maka secara otomatis akan masuk ke tampilan pembuatan Script atau tahap Pengkodingan. Maka akan tampil seperti dibawah ini.
tampilan pembuatan script



  •  Hal yang harus diketahui sebelumnya adalah nama form yang nantinya akan kita tampilkan bila button yang diberi fungsi diklik. Sebagai contoh disini saya menggunakan nama bawaan yaitu Form2.
  • Setelah Anda mengetahui nama form yang akan ditampilkan maka selanjutnya adalah mengetikan suatu syntax yang memiliki fungsi menampilkan suatu Form. Ketikan syntax dibawah ini tepat dibawah 
           Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click.


      Form2.Show()

Ket : Form2 adalah nama form yang nantinya akan ditampilkan, dan .Show adalah syntax dimana berfungsi menampilkan Form tersebut. Supaya lebih paham penempatan Codingnya dimana, Anda bisa perhatikan dibawah ini.
script menampilkan form lain
  • Setelah Anda membuat syntax yang selanjutnya adalah testing apakah berhasil atau tidak. Untuk mencobanya dengan mengklik icon Start dibagian Taskbar atau diatas. Maka aplikasi yang kita buat akan ditampilkan seperti dibawah ini.

  • Cobalah klik button yang sudah kita beri syntax, maka lihatlah apa yang terjadi. Sebagai contoh karena saya memberikan syntaxnya pada Button Transaksi maka saya klik Button dan akan tampil Form yang dituju yaitu Form2 seperti dibawah ini.
jjk-kaki.blogspot.com


·         Jika berhasil menampilkan Form yang dituju seperti diatas, berarti Coding yang Anda ketik atau nama Form yang Anda ketik sesuai.

Mungkin begitulah cara memberikan syntax untuk menampilkan Form lain pada Visual Basic. Caranya cukup mudah namun jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi yang memiliki Form sangat banyak, saya sarankan untuk memberikan nama terlebih dahulu nama-nama Form yang kita buat.

Mungkin cukup sekian Artikel ini saya buat, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. Jika Artkel ini bermanfaat, mohon sharenya ya Sob!

0 Response to "Cara memberikan fungsi menampilkan form lain pada button pada Visual Studio"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel