Cara membuat aplikasi kalkulator pc sederhana dengan Visual Studio

Kalkulator! Sebuah nama aplikasi yang tidak asing di telinga kita. Kalian semua memiliki handphone bukan? Didalam handphone kalian pasti ada aplikasi kalkulator. Kalkukator pada umumnya di gunakan untuk menghitung bilangan matematika secara cepat, seperti kali, bagi, tambah, dan kurang. Aplikasi Kalkulator sendiri sering juga digunakan untuk mempercepat kegiatan transaksi pada toko ataupun supermarket. Namun pernahkah kalian berfikir bagaimana cara membuat kalkulator tersebut?

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara membuat kalkulator sederhana menggunakan Visual Basic 2012. Jadi aplikasi kalkulator ini adalah aplikasi kalkulator untuk pc.

  • Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah projek baru pada aplikasi VB. Pilih Bahasa Visual Basic, kemudian pilih "Windows forms application" lalu beri nama sesuai keinginan anda, kemudian klik ok.

  • Setelah membuat projek baru kalian design terlebih dahulu interfacenya, kurang lebih seperti dibawah ini.

  • Bila interfacenya sudah di buat maka kita masuk ke pengkodean. Di sini kita akan memberikan sebuah fungsi kepada objek-objek yang di jadikan sebagai interface.

Bisa kita lihat dari kode di atas. Mari kita bahas satu persatu berikut ini.
  • Public Class Form1
          ini adalah pendeklarasian class, kelas dalam VB di sebut sebagai form karna form adalah tempat untuk menyimpan objek-objek dari Toolbox. Form1 adalah nama dari form yang di gunakan.

    Dim x, y, r As Double
          ini adalah pendeklarasian variable global supaya semua objek bisa mengakses variable ini, lalu apa perbedaan bariabel local dan variable golobal? Tunggu atikel selanjutnya. Saya membuat variable yang bernama x, y, dan r dari ketiga variable terdebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

    Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgsHandles Buttonr1.Click
          ini adalah pendeklarasian dari sebuah objek yang bernama Button1, Button1 ini bila di klik dia akan menjulahkan bilangan yang kita masukan.

    x = Val(TextBox1.Text)
          di sini si variable x di berikan tugas untuk menampung bilangan dari TextBox1
           
    y = Val(TextBox2.Text)
           y di berikan tugas untuk menampung bilangan dari TextBox2
           
    r = x + y 
           sementara r di berikan tugas menjadi oprator untuk menampung nilai dari hasil penjulahan x dan y.
    TextBox3.Text = r 
          di sini textbox3 di berikan tugas untuk menampilkan nilai dari r

Untuk tahap selanjutnya sama seperti tadi hanya mengubah bagian operatornya saja r = x + y kalian hanya perlu merubah tanda + dengan * untuk mengkalikan, / untuk membagi, dan – untuk mengurangi. 

Mungkin cukup sekian Cara membuat kalkulator sederhana dengan Visual Basic 2012. Jika Artikel ini bermanfaat kami Anda bisa membagikan artikel ini. Semoga bermanfaat dan teimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Cara membuat aplikasi kalkulator pc sederhana dengan Visual Studio"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel