Cara buat Gig untuk jasa vector kartun wajah di Fiverr yang menjual dan menarik Part 1

Situs Fiverr

Ingin menghasilkan uang ratusan bahkan ribuan dollar dengan hanya jualan jasa vector kartun wajah? Saya yakin semua tukang jasa vector ingin meghasilkan penghasilan seperti itu, karena saya juga termasuk. Tetapi jika hanya mengandalkan media Sosial seperti Facebook dan Instagram, saya rasa membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Lalu apakah bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar dari jualan jasa vector? Jawabannya bisa banget, kita bisa gunakan situs freelancer seperti Fiverr.

Fiverr adalah sebuah situs yang dimana para freelancer di seluruh dunia berkumpul dan membuka jasa mereka untuk mendapatkan pundi-pundi dollar. Ini sangat cocok bagi kita yang suka membuat vector dan membuka layanan disana. Dengan minimal harga yang bisa kita tentukan di Fiverr yaitu $5. Untuk kita sebagai masyarakat Indonesia sudah lumayan besar jika di rupiahkan. Namun, disetiap penghasilan yang kita dapat per-order akan dipotong sebesar 20%,

Sehingga jika kita mendapatkan 1 orderan dari client dengan seharga $5, maka penghasilan yang akan kita dapat hanyalah $4. Ini sudah termasuk wajar saja, toh kita juga numpang lapak di tempat orang.

Keunggulan kita jualan di Fiverr adalah cakupan client-client yang bisa kita dapat adalah seluiruh dunia. Sehingga jika kita memanfaatkan situs ini dengan baik, bukan tidak mungkin penghasilan kita akan semakin bertambah.

Lalu bagaimana kita untuk memulai jualan atau buka jasa vector disitus tersebut? Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit tutorial membuat gig yang menjual dan menarik di mata client. Gig adalah sebuah istilah untuk kata layanan, jasa, atau jualan. 

Untuk itu silahkan kamu simak cara membuat gig untuk buka jasa buat vector yang menarik dan menjual.

Namun, hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah daftar terlebih dahulu di Fiverr. Kamu bisa daftar dengan menggunakan akun facebook, gmail, ataupun daftar seperti biasa. 

Buatlah username yang mudah dihapal oleh client kita, simple dan juga menarik. Serta jangan lupa lengkapi data diri kamu seperti photo profil dan jelaskan tentang data diri anda. Seperti menjelaskan bahwa kamu adalah seorang designer grafis yang sudah berpengalaman sedemikian tahun dan jangan lupa gunakan bahasa inggris. Karena client di Fiverr adalah rata-rata orang luar negeri.

Membuat gig yang menjual dan menarik untuk Vector wajah

Jika kamu sudah mendaftarkan diri di situs fiverr, silahkan kamu "Switch to Selling" atau dalam bahasa Indonesia artinya "beralih sebagai penjual". Kemudian klik tab Gigs dan klik "Create a New Gig". Maka akan muncul tampilan form yang wajib kamu isi dengan baik dan menarik.

Untuk membuat sebuah Gig, akan ada 6 tahapan yang wajib kamu isi dengan baik serta menarik supaya client tertarik. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Overview

Ini adalah tahapan dimana kamu wajib memasukan nama gig dan karakteristik dari gig anda. Berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu isi di tahap Overview :

GIG Title : 
Ini adalah kolom yang diisi judul dari gig kamu. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dari judul gig ini. Buatlah judul gig yang sangat menarik dan unik, sehingga peluang client mengklik gig kita besar. Janganlah buat nama gig yang terlalu kaku dan jenisnya familiar atau umum seperti

"I will draw cartoon portrait". - Daya tarik kurang
"I will draw vector art from your picture" - Kata "Vector Art" terlalu familiar dan multitafsir.

Tetapi buatlah judul gig kamu dengan sedikit merayu client untuk sekedar melihat-lihat terlebih dahulu gig kamu atau bahkan langsung order seketika. Contohnya yaitu seperti

"I will draw awesome cartoon portrait of you"
"I will make amazing cartoon portrait of you in less then 24 hours"

Oh ya, saya sarankan jika di fiverr kita harus menggunakan kata "Cartoon portrait". Karena client yang berasal dari luar negeri lebih memahami kata tersebut ketimbang kata "Vector art" yang bisa diartikan berbagai jenis..

Silahkan buatlah judul gig yang sangat menarik dan unik, sehingga membuat para client tertartik dengan gig kamu. Dengan ini peluang tayang dan orderan tinggi.

Category :
Untuk category pertama silahkan kamu pilih "Graphic & Design", dan sub categorynya kamu bisa pilih "Portraits & Caricatures". Karena yang akan kita dibuat vector adalah berupa portrait atau bisa disebut jug photo wajah.

Gig Metadata :

  • Illustration type : Untuk ini silahkan kamu pilih "portrait" maupun "caricature". Kalo saya biasanya menggunakan "portrait" untuk gig bertema vector wajah yang normal seperti biasanya, dan menggunakan "caricature" untuk gig bertama vector wajah namun memiliki perbedaan yaitu berbentuk karikature seperti vector wajah namun dengan kepala yang besar.
  • Illustration Style : Sedangkan untuk yang ini silahkan kamu pilih "Vector art". Karena photo kartun yang kita buat yaitu berbentuk vector.
Search Tag :

Gunakanlah tag yang sangat relevan dengan tema gig kamu. Maksimal yang bisa kita gunakan yaitu 5 tag. Tag yang bisa kamu gunakan untuk gig bertema cartoon portrait yaitu "Cartoon", "Cartoon Portrait", "Caricature", "Vector", "Vector art", "Photoshop Work"ataupun yang lainnya yang sangat relevan dengan tema gig kamu.

2. Pricing

PACKAGES

Ini adalah tahap dimana kamu menentukan harga dan apa saja yang akan didapat oleh client jika order kepada gig kamu. Disini kamu bisa membuat tiga jenis harga dengan kategori yang berbeda-beda. Dan kamu harus memberi harga yang sesuai dengan apa yang didapatkan client.

Akan ada 3 paket harga yaitu Basic, Standard, dan Premium dimana harganya harus kamu buat berbeda-beda. Untuk basic kamu gunakan sebagai penawaran harga yang paling rendah dengan sesuai yang akan didapat oleh client, standard adalah harga yang sedikit lebih tinggi dari basic dan tentu apa yang didapat client harus lebih dari yang didapat dari basic. Sedangkan untuk premium adalah paket spesial dimana harganya lebih tinggi dari basic dan standard, namun harus sesuai dengan apa yang akan didapat dari si client dan melebihi apa yang akan didapar dari basic dan standard.

Supaya lebih jelasnya kamu bisa perhatikan penjelasan berikut ini.
  • Name Your Package (Nama paket)
.....yaitu nama paket yang sesuai dengan harga dan apa yang diterima oleh client. Kamu bisa ikuti seperti dibawah ini atau bisa kamu tentukan sendiri.

Basic : Just Head (Hanya kepala)
Standard : Head to Shoulder (Kepala sampai pundak)
Premium : Full body (Seluruh tubuh)
  • Describe the details of you offering (Jelaskan dengan detail penawaran kamu)
...yaitu penjelesan mengenai paket-paket yang kamu buat. Seperti qualitas seperti apa yang akan didapat oleh si client jika order kepada kamu, dan apa saja yang akan didapat. Contohnya yaitu seperti dibawah ini.

Basic : PNG | JPEG | 300dpi |5000px
Standard : PNG |JPEG |300dpi | 5000px
Premium : PNG |JPEG | 300dpi | 5000px | SVG File (sesuaikan dengan apa yang kamu gunakan, bisa cdr ataupun psd)
  • Delivery time (waktu pengiriman)
...waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan photo kartun pesanan dari client. Dikarenakan ini adalah gig baru, maka silahkan kamu gunakan waktu 1 hari semua paket untuk membuat client tertarik dengan gig kita.
  • Revisions (Koreksi)
...yaitu revisi yang akan diterima oleh si client jika order kepaeda kamu. Untuk basic silahkan kamu tentukan hanya 3 revisi, standard 3 revisi, dan premium unlimited revisi karena ini adalah paket spesial.
  • Figures (Jumlah photo orang yang dibuat kartun)
...yaitu jumlah photo yang kamu tentukan untuk 1 paketnya. Silahkan gunakan masing-masing 1 figures saja. supaya ketika si client order lebih dari 1 figures maka harga yabg harus mereka bayar yaitu double dari harga paket.
  • Source File (file mentah) *tidak wajib
...yaitu file mentahan yang akan client dapat jika order kepada kita. Untuk ini tidak terlalu wajib. Dikarenakan pada paket premium kita memberikan file mentahnya seperti file SVG, maka kamu centang kotak source file yang khusus premium saja.
  • High Resolution (Kualitas tinggi)
...untuk ini silahkan centang semuanya supaya menambah daya tarik si client terhadap gig kita.
  • Background/scene (Background)
...untuk ini terserah kamu, apakah kamu akan memberi background terhadap pesenan si client atau tidak.
  • Color (warna)
...ini maksudnya adalah apakah pesenan si client akan berwarna atau hanya hitam putih. Dikarenakan photo kartun sudah pasti membutuhkan warna banyak, sehingga silahkan kamu centang semuanya saja.
  • Full body (seluruh tubuh)
...dikarenakan yang bisa full body adalah paket yang spesial, maka silahkan centang yang hanya paket spesialnya saja.
  • Commercial use (lisense yang digunakan)
...ini maksudnya adalah apakah kamu membutuhkan sesuatu hal dari orang lain atau tidak. Seperti background buatan orang lain yang harus dibeli atau juga seperti font premium. 

MY GIG EXTRAS

Ini adalah tahap dimana apa yang diminta si client yang lebih dari yang ditentukan di paket gig. Sehingga kamu bisa memberi harga disetiap permintaan si client tersebut, Sehingga bisa kamu centang beberapa kategory yang menurut kamu akan menguntungkan. Kalo saya biasanya yaitu Additional Revisions dan Additional Figures (Tambahan revisi dan Tambahan Figure). Serta jangan lupa sertakan harga yang sesuai.

Jika semuanya sudah sesuai, silahakan kamu klik Save & Continue untuk melanjutkan ke tahap Description & FAQ.

Untuk Description & FAQ serta tahap yamg lainnya akan saya jelaskan secara rinci lagi di artikel selanjutnya. Sehingga saya sarankan terus kunnjungi blog ini untuk trus mengikuti artikel-artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara buat Gig untuk jasa vector kartun wajah di Fiverr yang menjual dan menarik Part 1"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel