Tutorial membuat vector bagian hidung dengan mudah di Infinite Design

Belajar membuat vector wajah sangat sulit jika kita tidak memahaminya satu persatu. Dari belajar membuat vector mata, mulut, hidung, dan lainnya. Nah jika dari artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tutorial membuat vector bagian mata, mulut dan lainnya secara detail, maka sekarang saya akan membagikan tutorial selanjutnya yaitu bagian hidung dimana masih banyak yang belum paham cara membuatnya.

Baca Juga : Tutorial Vector masking wajah Ronaldo di Infinite Design dengan mudah

Karena pada dasarnya semua itu memiliki tahapan-tahapan sehingga menghasilkan bentuk yang sesuai dan bagus. Kebanyakan semua orang terlalu terpaku dengan model aslinya, sehingga bentuk hidung yang dihasilkan kurang sesuai.

Sehingga disini saya akan memberikan sedikit pencerahan atau tips dasar supaya kamu paham dalam membuat vector pada bagian hidung...

Oke, sebelum masuk ke tahap tutorialnya. Disini saya menggunakan pallet mousely yang bisa kamu download disini

Dan untuk model, kamu bisa gunakan photo model siapa saja yang kamu inginkan sebagai belajar membuat vector hidung.

Jika sudah menyiapkan pallet dan photo modelnya, silahkan kamu buat bagian-bagian yang lainnya terlebih dahulu seperti mata, alis, rambut, mulut, dan lainnya sehingga menyisakan tahapan shading wajah atau tepatnya bagian hidung.

...lalu apa sih tahapan pertama ketika membuat vector bagian hidung?...

Baca Juga : Cara buat Gig untuk jasa vector kartun wajah di Fiverr yang menjual dan menarik Part 1

Tahapan pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuat shading disisi hidungnya atau tepat dibagian perbatasan antara hidnug dan pipi. Gunakan tool Pen dan brush Lasso Shading ini adalah shading dengan warna shading sedikit gelap pertama atau warna no 4 pada pallet. Atau kamu bisa perhatikan bentuknya seperti dibawah ini.

Jika mungkin kamu bertanya kenapa tidak disatukan antara shading sisi tersebut dengan shading bawah bagian hitung yang terdapat lubang hidung. Menurut saya ini harus dipisahkan karena kedua daerah shading tersebut membutuhkan gradient dengan arah yang berbeda. Sehinga dipisahkan supaya memililki gradientnya masing-masing.

Selanjutnya silahkan  kamu buat shading hdiung dibagian bawah hidungnya yang terdapat lubang hidung. Buatlah seperti dibawah ini.

Dengan tampilan bentuk aslinya adalah sebagai berikut jika dilihat dari outline.

Kenapa saya buat dua kerucut keatas seperti itu, ini adalah salah satu trik supaya ketika digradient memunculkan sedikit shading yang nantinya membentuk seperti bahwa ada cekungan sedikit diarea tersebut.

Selanjutnya silahkan kamu gradient kedua shading tersebut dengan settingan kedua warna gradient sama yaitu shading pertama dengan salah satunya 0 opacity.  Untuk kedua shading yang ada dibagian sisi hidung gradientnya kebawah atau sisi transparan ada dibagian bawah dan untuk shading bagian bawah hidung gradientnya keatas sehingga hasilnya akan seperti dibawah ini.


Jika sudah selesai digradient seperti diatas, maka selanjutnya kita buat shading gelap yang keduanya. Masih menggunakan tool dan brush yang sama, untuk warna silahkan ubah ke warna no 5 dari pallet jika dihitung dari paling terang. Kemudian silahkan buat shading gelap kedua dengan mengikuti shading dari modelnya. Atau biasanya/umumnya shading kedua pada area hidung itu diantara hidung dengan alis dan bagian bawah hidung atau kurang lebih seperti dibawah ini.


Kemudian silahkan kamu gradient dengan settingan masih sama dengan sebelumnya namun ubah kedua warna gradient dengan warna shading kedua. Selanjutnya langsung gradient, dengan posisi gradient yang 0 opacity dibawah untuk shading yang diatas dan 0 opacity di atas untuk shading bawah hidung. Sehingga hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.


Oh ya, untuk shading gelap yang kedua ini, harus sudah terlihat atau terbentuk mana bagian kedua lubang hidungnya. Supaya nanti tidak terlihat kontras ketika membuat shading gelap yang ketiga.

Jika sudah digradient, selanjutnya kita buat shading gelap selanjutnya. Karena diphoto modelnya tidak terlalu banyak area gelap. Maka disini saya hanya membuat area shading ketiga di bagian lubang hidungnya saja. Sehingga hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.


Selesai sudah tahapan shading gelap bagian hidungnya. Supaya lebih hidup atau lebih real, maka selanjutnya kita tambahkan warna terangnya dengan mengikuti letak warna terang pada model aslinya. Biasanya untuk hidung warna terang ada tiga bagian, yaitu bagian batang hidung ke ujung hidung, dan kedua atas bagian lubang hidung seperti dibawah ini dan silahkan kamu langsung gradient.


Jika sudah seperti diatas, selesai sudah tahapan pembuatan vector wajah pada bagian hidung. Silahkan kamu tambahkan beberapa hal yang menurut kamu perlu ditambahkan atau diperbaiki.

Ini adalah tahapan cara saya dalam membuat vector wajah bagian hidung setiap hari. Kamu bisa ikuti cara saya jika ingin belajar yang sederhana. Selain simple, cara ini juga cepat dan efektif untuk menghemat waktu pengerjaan.

Nah itulah, sedikit tutorial vector dari saya khususnya pembuatan vector wajah pada bagian hidung yang bisa saya jelaskan. Jika kamu memiliki saran atau pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah postingan ini. Semoga bermanfaat.

Jika artikel ini sangat bermanfaat menurutmu, saya sangat berterima kasih jika anda mengunjungi saya di Fiverr dengan mengklik link dibawah ini. Terima Kasih... :)

Kunjungi di Fiverr

0 Response to "Tutorial membuat vector bagian hidung dengan mudah di Infinite Design"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel