Tutorial membuat vector bagian mata di photoshop [SIMPLE Cocok untuk pemula]

Vector mata simple
Dibandingkan dengan tutorial lainnya di blog ini, kali ini saya akan membagikan tutorial vector untuk pertama kalinya dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Seperti biasa saya akan memberikan tutorialnya sedikit-demi sedikit supaya lebih dapat dipahami. Karena itu saya akan memberikan tutorial vector dibagian matanya terlebih dahulu. Karena rata-rata semua orang dalam membuat vector membuat matanya terlebih dahulu.

Oke langsung saja, sebelum kita masuk ke tutroialnya. Ada beberapa hal yang harus dipahami supaya kamu mudah dalam mengoperasikan aplikasi photoshop ini. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu ketahui jika kamu baru menggunakan aplikasi photoshop.

  1. Tombol Space, gunakan tombol ini untuk menggeser geser tampilan projek. Ini adalah cara tercepat daripada kamu menggunakan scroll vertikal dan horizontal. Jika Space ditekan, maka kursor akan membentuk sebuah tangan yang menggenggam.
  2. Tombol CTRL, gunakan tombol ini untuk memilih sebuah objek. 
  3. Tombol Alt, gunakan tombol ini untuk menghilangkan curva yang melengkung sangat jauh.
  4. CTRL + Z, gunakan combinasi ini untuk undo.
  5. Tombol Z, gunakan untuk menzoom tampilan projek.
Oke, jika kamu sudah paham, kita langsung saja masuk ke tahap tutorialnya berikut ini.

1. Buat bulu mata

Untuk membuat sebuah bulu mata silahkan kamu buat layer baru dan simpan dibawah photo layer matanya. Kemudian gunakan tool Pen Tool untuk membuatnya dan gunakan warna yang ingin kamu terapkan sebagai warna bulu mata. Biasanya sama dengan warna rambut. Kemudian buatlah seperti dibawah ini.
Jika sebelumnya mendapatkan kendala seperti dibawah ini. Dimana curva nelengkung sangat jauh sehingga tidak membentuk sesuai yang kita inginkan. Untuk mengatasinya silahkan kamu tekan Alt dan klik pada lingkaran/titik kioordinat yang menghasilkan lengkungan tersebut sampai curva yang melengkung jauh menjadi menghilang.


2. Buat warna dasar mata

Jika sudah selesai membuat alis matanya, maka yang selanjutnya adalah membuat vector matanya dengan diawali dengan bagian warna dasarnya. Silahkan kamu buat layer baru dan simpan layer tersebut dibawah layer alis mata. Kemudian buatlah warna dasar seperti dibawah ini dengan tool dan cara yang sama dengan membuat alis tadi. Dan gunakan pula warna dasar untul mata.
Kenapa sih harus membuat warna dasar matanya dahulu ketimbang pupil mata? Ini dikarenakan supaya dalam membuat pupil mata, kita tidak perlu memotong bagian pupil mata yang offside. Karena saya akan menggunakan fitur Clipping Mask.

Jikas sudah, silahkan kamu buat layer baru dan simpan diatas layer warna dasar mata. Kemudian klik kanan pada layer tersebut dan pilih Clipping Mask. Kemudian buatlah warna shading pertama seperti dibawah ini dengan tool dan cara yang sama seperti sebelumnya. Buatlah dengan leluasa, karena jikalau kamu membuatnya dengan offside, akan hilang karena layernya sudah dikasih clipping mask sehingga objek yang kita buat akan terlihat rapih sesuai dengan warna dasarnya.
Selanjutnya buatlah shading kedua dengan cara yang sama seperti shading 1 dengan membuat layer baru untuk shading 2. Sehingga kurang lebih akan seperti dibawah ini hasilnya.

Supaya shading matanya terlihat lebih halus dan enak dilihat, maka akan kita beri brush. Silahkan kamu klik layer shading 1 matanya terlebih dahulu, kemudian klik Add Layer Mask atau silahkan lihat gambar dibawah ini.
Jika kamu klik Add Layer Mask, maka akan muncul layer Mask
Layer Mask disini diperuntukan untuk menampung brus yang akan kita buat. Sehingga silahkan kamu gunakan tool Brush Tool dan setting brush tool seperti dibawah ini, atau bisa kamu sesuaikan.


Ada 1 hal yang harus kamu ketahui dalam memberika effct brush, yaitu warna hitam dan putih seperti dibawah ini sangat berfungsi ketika kita menggunakan brush tool. Warna hitam berfungsi untuk memberikan effect brush dan warna putih berfungsi untuk menghapus brush yang sudah kita buat.


Kemudian silahkan kamu brush area yang menurut kamu harus diperhalus. Kemudin jangan lupa juga untuk kamu kasih effect brush untuk shading yang kedua. Sehingga tampilannya akan sepert dibawah ini. Kemudian silahkan langsung saja kamu buat buletan sebagai lensa matanya. Dengan layer baru dan kasih Clipping Mas. Untuk tool dalam membuat buletan ini, saya menggunakan tool Ellipse Tool.

Supaya buletan yang kita buat berbentuk buletan yang sempurna. Silahkan kamu pilij buletan tersebut, kemudian tekan CTRL+T, yang nantinya kita bisa menyesuaikan bentuk dan tempat buletan tersebut. Jika sudah sesuai bentuk buletannya, maka klik Enter untuk selesai.

Nah, jika sudah sampai sini berarti kita sudah selesai dalam membuat vector mata yang sangat simple ini. Silahkan kamu tambahkan bagian daging kecil di pojok mata itu atau apalah saya tak tau namanya dan juga tambahkan effect pantulan cahayanya dengan cara yang sama dengan cara yang diatas. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
Ini adalah style favorit saya dalam membuat vector, karena cara pembuatanya simple dan cepat. Sangat cocok bagi kita yang ingin cepat dalam membuat vector tapi dengan style yang lumayan bagus juga. Nah itulah tutorial simple saya dalam membuat vector mata di aplikasi Photoshop.

Next, saya akan memberikan tutorial vector di bagian mulutnya. Support saya terus ya bro, supaya saya dapat terus memberika tutorial-tutorial bermanfaat tentang vector wajah. Terima kasih sudah berkunjung.

UPDATE Tutorial Versie Video :

Jangan lupa Subscribe ya :) https://youtu.be/S_cHQSRnYKg

1 Response to "Tutorial membuat vector bagian mata di photoshop [SIMPLE Cocok untuk pemula]"

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel