Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

[Bisa diedit] Cara membuka vector SVG hasil infinite Design di photoshop


Mungkin kamu belum pernah mendengar sebelumnya bahwa file vector yang dibuat di Infinite Design ternyata bisa kita buka di photoshop dan juga bisa diedit kembali. Yup, ini asli dan tidak bohong. Padahal photoshop adalah aplikasi bitmap bukan aplikasi vector, sedangkan infinite Design adalah aplikasi vector seperti halnya coreldraw dan adobe illustrator namun ini berupa android.

Pada awalnya saya memiliki masalah ketika membuat vector orderan dimana sangat membutuhkan fitur brush ketika masking. Karena pada saat itu tidak memungkinkan untuk digradient. Sehingga saya berpikir keras, bagaiamana vector yang kita buat di Infinite Design bisa diberikan brush tanpa harus dieksport menjadi JPG atau PNG.

Kemudian saya bereksperimen dan searching di google, katanya kita harus convert file SVG ke psd supaya kita bisa buka di Photoshop. Namun, ketika file psdnya saya buka di photoshop, file tersebut hanya menampilkan project yang kita buat di Infinite Design namun seperti halnya berupa JPEG, tidak bisa kita ubah seperti halnya di Infinite Deisgn.

Setelah berbagai eksperimen saya lakukan, akhirnya saya mendapatkan pemecah masalahnya. Sehingga projek saya ygn dibuat di Infinite Design bisa diberi brush dengan mudah di photoshop. Namun dengan cara yang lumayan ribet. Dimana kita membutuhkan aplikasi Adobe Illustrator sebagai penopang.  Mau tau bagaimana caranya? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

1. Ekspor SVG

Hal yang pertama kali kita lakukan supaya project yang kita buat di Infinite Design diekspor masih tetap berupa project, maka kita harus mengekspornya menjadi file SVG. Caranya cukup mudah ko.

Silahkam kamu pilih ekspor seperti biasa, dan pilih formatnya menjadi SVG dengan latar belakang jangan dicentang.

2. Mengubah file SVG ke PSD

Setelah file SVG disimpan, sekarang kita buka aplikasi Adobe Illustrator di PC/Laptop kemudian klik Open dan cari file SVG yang telah kamu pindahkan terlebih dahulu ke PC.

Selanjutnya maka akan tampil tampilan projek kamu namun kita tidak bisa mengeditnya dengan mudah di Adobe Illustrator dikarenakan layer-layer yang sebelumnya kita buat di Infinite Design menghilang. Sehingga semua objeknya menyatu, namun masih tetap kita bisa edit walaupun sangat rumit.

Sehinnga kita ubah file project tersebut ke PSD terlebih dahulu supaya dapat kita buka di photoshop dan tentunya layer yang kita buat di Infinite Design akan muncul.

Caranya silahkan kamu klik eksport dan pilih formatnya menjadi PSD. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya yang tertera sampai sukses diubah menjadi PSD file.

3. Buka di Photoshop

Setelah file PSD dari SVG sudah dibuat, maka selanjutnya kita buka di aplikasi photoshop. Caranya cukup mudah klik Open dan cari file PSD tadi. Maka akan langsung muncul tampilan project yang kita buat di Infinite Design tanpa ada yang rusak sedikitpun.

Ada beberapa hal yang harus kamu catat, bahwa ketika di photoshop maka project tersebut memiliki banyak layer, dimana l layer hanya diiisi satu objek yang telah kita buat di Infinite Deisgn. Sehingga akan terlihat sangat banyak. Namun cukup mudah ko untuk mencari layer-layer yang akan kita butuhkan dengan cara klik icon mata satu persatu pada layer sehinnga akan nampak fungsi setiap layernya.

Namun biasanya untuk layer masking wajah terletak di bagian atas. Jika kamu memasking wajahnya hanya dengan 1 layer maka yang muncul di photoshop akan berupa folder grup yang isinya layer-layer masking yang terpisah namun tetap utuh.

Silahkan kamu ubah project yang telah dibuat di Infinite Design dengan yang kamu inginkan, seperti memberinnya brush supaya lebih halus dan lainnya.

Nah itulah sedikit tips dari saya supaya file project SVG Infinite Design bisa dibuka di Photoshop. Jika kamu ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini dengan bijak. Semoga bermanfaat.
Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang Blogger yang masih mencari ilmu dan masih banyak salah. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Sobat yang mengunjungi.

16 comments for "[Bisa diedit] Cara membuka vector SVG hasil infinite Design di photoshop"

  1. Saya pemakai infinite design..
    Ketika menyelesaikan project saya save ke svg format untuk keperluan buat video scribe, karena disitu memerlukan format svg untuk ditambahkan.
    Tapi ketika proses pencarian yang tampil hanya jpeg, jpg, png, dan pdf saja sedangkan svg tidak saya temukan.
    Mohon solusinya agar file svg yang saya buat dengan ID bisa saya pakai untuk keperluan membuat videoscibe.
    Trims..
    🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah dibuka di Folder Infinite Design/Design/Export. Kalo pas ecport ke SVG di aplikasinya sukses, maka dipastikan ada di folder tersebut :)

      Delete
  2. Saya juga pakai id. Seumpama di export jadi svg kemudian di convert online jadi psd layernya muncul gak mas? Saya upload ke pngtree ditolak karena single layer

    ReplyDelete
    Replies
    1. convertnya di AI aja Mas, Layernya muncul nanti sesuai yang kita buat di ID..kalo online emang sering gitu kadang error

      Delete
    2. Kalau pakai inkscape bisa gak ya mas? Gak punya AI hehe

      Delete
    3. Belum pernah nyoba inscape sih, tapi kalo inscape mendukung file vector kayak SVG, dicoba aja...

      Delete
  3. Iya mas. Nanti tak coba e. Matur suwun

    ReplyDelete
  4. Untuk ukuran kanvas berapa x berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas aja, nnti bisa disesuaikan sendiri di AI atau Corelnya

      Delete
  5. bingung, hasil SVG di ID... masuk di corel draw... malah gak bisa fill warna bagian dalam,, yg berwarna malah line nya.... pdhl udah semua di coba shape bagian garis mnjadi satu... tp tetap gak bisa... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di ungroup dulu, biasanya yang di IGnya dibuat dalam satu layer itu otomatis ke Grup jika di buka di AI atau Corel

      Delete
  6. Berarti pas mau save di id layer tetep kaya biasa ya jangan di satuin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tidak perlu disatukan, biar nanti di photoshop peletakan layernya sama dengan di ID

      Delete
  7. Mas mau tanya kalau font bawaan aplikasi infinite design free commercial use atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baca2 di forum infinite design, font yang digunakan di infinite design adalah font google, jadi bisa digunakan komersil

      Delete