[Bisa diedit] Cara membuka vector SVG hasil infinite Design di photoshop


Mungkin kamu belum pernah mendengar sebelumnya bahwa file vector yang dibuat di Infinite Design ternyata bisa kita buka di photoshop dan juga bisa diedit kembali. Yup, ini asli dan tidak bohong. Padahal photoshop adalah aplikasi bitmap bukan aplikasi vector, sedangkan infinite Design adalah aplikasi vector seperti halnya coreldraw dan adobe illustrator namun ini berupa android.

Pada awalnya saya memiliki masalah ketika membuat vector orderan dimana sangat membutuhkan fitur brush ketika masking. Karena pada saat itu tidak memungkinkan untuk digradient. Sehingga saya berpikir keras, bagaiamana vector yang kita buat di Infinite Design bisa diberikan brush tanpa harus dieksport menjadi JPG atau PNG.

Kemudian saya bereksperimen dan searching di google, katanya kita harus convert file SVG ke psd supaya kita bisa buka di Photoshop. Namun, ketika file psdnya saya buka di photoshop, file tersebut hanya menampilkan project yang kita buat di Infinite Design namun seperti halnya berupa JPEG, tidak bisa kita ubah seperti halnya di Infinite Deisgn.

Setelah berbagai eksperimen saya lakukan, akhirnya saya mendapatkan pemecah masalahnya. Sehingga projek saya ygn dibuat di Infinite Design bisa diberi brush dengan mudah di photoshop. Namun dengan cara yang lumayan ribet. Dimana kita membutuhkan aplikasi Adobe Illustrator sebagai penopang.  Mau tau bagaimana caranya? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

1. Ekspor SVG

Hal yang pertama kali kita lakukan supaya project yang kita buat di Infinite Design diekspor masih tetap berupa project, maka kita harus mengekspornya menjadi file SVG. Caranya cukup mudah ko.

Silahkam kamu pilih ekspor seperti biasa, dan pilih formatnya menjadi SVG dengan latar belakang jangan dicentang.

2. Mengubah file SVG ke PSD

Setelah file SVG disimpan, sekarang kita buka aplikasi Adobe Illustrator di PC/Laptop kemudian klik Open dan cari file SVG yang telah kamu pindahkan terlebih dahulu ke PC.

Selanjutnya maka akan tampil tampilan projek kamu namun kita tidak bisa mengeditnya dengan mudah di Adobe Illustrator dikarenakan layer-layer yang sebelumnya kita buat di Infinite Design menghilang. Sehingga semua objeknya menyatu, namun masih tetap kita bisa edit walaupun sangat rumit.

Sehinnga kita ubah file project tersebut ke PSD terlebih dahulu supaya dapat kita buka di photoshop dan tentunya layer yang kita buat di Infinite Design akan muncul.

Caranya silahkan kamu klik eksport dan pilih formatnya menjadi PSD. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya yang tertera sampai sukses diubah menjadi PSD file.

3. Buka di Photoshop

Setelah file PSD dari SVG sudah dibuat, maka selanjutnya kita buka di aplikasi photoshop. Caranya cukup mudah klik Open dan cari file PSD tadi. Maka akan langsung muncul tampilan project yang kita buat di Infinite Design tanpa ada yang rusak sedikitpun.

Ada beberapa hal yang harus kamu catat, bahwa ketika di photoshop maka project tersebut memiliki banyak layer, dimana l layer hanya diiisi satu objek yang telah kita buat di Infinite Deisgn. Sehingga akan terlihat sangat banyak. Namun cukup mudah ko untuk mencari layer-layer yang akan kita butuhkan dengan cara klik icon mata satu persatu pada layer sehinnga akan nampak fungsi setiap layernya.

Namun biasanya untuk layer masking wajah terletak di bagian atas. Jika kamu memasking wajahnya hanya dengan 1 layer maka yang muncul di photoshop akan berupa folder grup yang isinya layer-layer masking yang terpisah namun tetap utuh.

Silahkan kamu ubah project yang telah dibuat di Infinite Design dengan yang kamu inginkan, seperti memberinnya brush supaya lebih halus dan lainnya.

Nah itulah sedikit tips dari saya supaya file project SVG Infinite Design bisa dibuka di Photoshop. Jika kamu ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini dengan bijak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "[Bisa diedit] Cara membuka vector SVG hasil infinite Design di photoshop"

Post a Comment

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel