Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa photo kartun

Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design

Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design Android.

Tentunya sudah tidak heran lagi untuk para pengguna aplikasi Infinite design mengalami permasalahan-permasalahan pada aplikasi infinite design. Permasalahan tersebut biasanya berpariasi  seperti mengalami bug ketika kita sedang membuat projek yang tiba-tiba berantakan, ngelag yang membuat kamu pusing, dan force close yang membuat projek kamu hilang secara tiba-tiba jika belum disave sebelumnya.

Maka dari itu hari ini saya akan memaparkan beberapa cara/tips supaya kamu lebih enak menggunakan aplikasi infinite design  dan tahu mencegah adanya permasalahan seperti diatas.

Dan tips-tips berikut terbukti work dan ampuh mencegah adanya permasalahan diatas. Karena saya sendiri yang sering menerapkannya ketika saya menggunakan aplikasi infinite design. Lalu apa sajakah tips-tips yang sering saya terapkan? Yuk simak berikut ini.

1. Hubungken setiap ujung titik kordinat untuk mencegah bug

Titik kordinat yang saya maksud adalah ketika kita menggunakan tool pena. Ketika kita membuat suatu objek menggunakan tool pena, maka akan tampil titik kordinat yang membuat garis membentuk suatu objek. Sehingga untuk mencegah bug kita harus menghubungkan setiap ujung titik koordinatnya. Jika tidak, maka biasanya akan terjadi bug. Sehingga objek yang telah kita buat dengan tool pena akan acak-acakan atau berubah bentuk. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak gambar dibawah ini ya.


tips mengatasi bug


2. Jangan terlalu banyak titik koordinat ketika menggunakan tool Pena dan brush Tappered

Jika kamu biasanya membuat vector dengan menggunakan line art. Biasanya akan terjadi lag atau patah-patah ketika membuat garis yang berlika-liku dengan menggunakan tool pena dan brush tappered. Apalagi jika kita mengedit kembali garis yang telah dibuat. Sehingga untuk mencegah aplikasi menjadi lag, saya sarankan jangan membuat titik koordinat terlalu banyak.

3. Jangan tap 1x dengan 2 jari sekaligus (khusus untuk versie 3.4)

Berdasarkan pengalaman saya jika mengunakan aplikasi infinite design versie terbaru atau 3.4, sangat sering terkendala bug. Salah satunya yaitu dengan mentap 1x layar dengan 2 jari sekaligus, biasanya objek yang sedang kita buat menjadi tidak karuan. Sehingga gunakanlah aplikasi infinite design dengan sabar dan tidak terburu-buru.

4. Jangan membuat projek dengan ukuran melebihi standar untuk mencegah force close (khusu versie 3.2)

Jika kamu adalah pengguna versie 3.2, maka sudah pasti akan kesulitan dengan tampilan blue line yang terlalu besar dan menutupi gambar asli. Sehingga kita biasanya memperbesar photo asli supaya blue line nantinya tampak lebih kecil. Namun, saya sarankan jangan melebihi ukuran standar, karena biasanya akan sering terjadi force close sendiri dan aplikasi menjadi sangat berat.

Permasalahan ini biasanya muncul ketika membuat effect gradient pada suatu objek yang sangat besar dan mengcrop ukuran porojek. Sehingga saya sarankan untuk tidak melebihi ukuran standar projeknya atau kamu bisa pindah ke aplikasi inifinite design versie 3.4 yang bebas ukuran projek.

5. Hindari memori telepon terlalu penuh

Inilah salah satu penyebab yang tidak terlalu banyak orang tau,yaitu memori telepon smarthphone terlalu penuh. Sehingga biasanya ketika kita membuat sebuah projek, akan tiba-tiba leg dan lansgung force close sendiri. Ini dikarenakan kapasitas memori telepon kamu tidak terlalu mecukupi untuk menampung aplikasi infinite design yang sedang berjalan. Sehingga saya sarankan untuk melegakan kapasitas memori telepon atau menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Nah itulah mungkin beberapa cara yang sering saya lakukan supaya menghindari  adanya permasalahan-permasalahan yang akan terjadi pada saat menggunakan aplikasi infinite design. Semoga bermanfaaat.


Rhendrik Rian
Rhendrik Rian Seorang Blogger yang masih mencari ilmu dan masih banyak salah. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Sobat yang mengunjungi.

52 comments for "Cara mengatasi bug, ngelag, dan force close pada aplikasi Infinite Design"

  1. cara ngatasin force close di versi 3.4 pas nambah layer gmna gan? hp ane redmi 6a

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah kena fc setelah nambah layer om, tapi jika aplikasi tiba2 diem sekaligus pernah...biasanya banyak aplikasi yg sedang berjalan, sehingga aplikasi jadi berjalan lambat dan menghabiskan RAM. Coba paksa berhenti dulu aplikasi-aplikasi yg sdang berjalan bro...

      Delete
  2. Kalo pas buat Line art/lagi buat wajah gitu trus yg di edit malah pindah/bergeser itu gmna ya gan ? Id V3.4

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu biasanya kita mentap layar dengan dua jari sekaligus secara tidak sengaja, usahakan jangan terburu-buru...kalo udah berpindah tidak bisa dipindahkan lagi kecuali buat objeknya lagi bro...tapi kalu udah berpindah ketika kita buat objek usahakan langsung tap layarnya dengan dua jari sekaligus lagi, nanti pindah kesemula ko, tapi terkadang gagal juga...

      Delete
  3. Mau tanya, file design tadinya mau aku pindah folder, tapi setelah aku paste... File nya hilang seketika.

    Gimana cara ngembaliinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mksdnya vector yg kita buat dipindahkan ke project lain atau gmna ya? saya kurang paham

      Delete
    2. Mudah aja,Pasti Anda pakai HP xiaomi kan??,Sering Hapus Sampah kan? mudah aja kalo di hp xiaomi,Cukup Masuk Aja Ke Aplikasi "Keamanan",lanjut "Pembersih",lalu folder "Sisa" ,Lalu Hilangin Centang folder "Data File" dan masalah SELESAI,Kalo Mau Lebih Nyaman lagi Agar Gabakal Kehapus Lagi,Cukup Tekan folder "Data File" lalu Pilih "Masukkan Dalam Pengecualian" ,supaya ga dihitung Sebagai SAMPAH lagi oleh sistem xiaomi kita (Khusus Xiaomi Aja Gw Taunya ya >//<,Terutama Versi Xiaomi gw MIUI 11.0.2,Versi Androidnya 8.1.0),Anda bisa lihat apa isi Dari "Data File" dengan Mengkliknya... Semoga Membantu!

      Delete
  4. Mau nanya gan, itu kenapa ya klo pencet undo editannya suka pindah tempat_- padahal niatnya cuman ngurangin garis eh garisnya malah pindah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan itu ngebug terlebih dahulu sebelumnya (pas belum diklik undo), biasanya ngebug karena ngeklik layar pake dua jari sekaligus. Jadi ketika diundo jadi error. Pengalaman saya sih gitu, jadi ketika mendesign usahakan tenang jangan terburu-buru...

      Delete
  5. Mau nanya bang,saya kalo mau nambahin layer suka ngelag dan tiba² force close. Gimana solusinya buat ID 3.4

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahakan jangan terlalu banyak project mangkrak di aplikasinya, memory internal pastikan lega, pastikan juga tidak terlalu bnyak aplikasi berjalan,biasanya kebanyakan error bukan karena aplikasinya, tapi memang dari handphonenya. Saya menggunakan aplikasi ID dari berbagai versie sama saja...

      Delete
  6. Halo.. mau tanya gan kok setiap bikin proyek ketika sudah selesai filenya yg sudah disimpan atau di export hilang gmn gan.. sedih juga masak udah capek2 bikin hilang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di folder "internal/Infinite Studio/Design/Export", apakah ada atau tidak. Pastikan ketika diesport formatnya PNG atau JPEG bukan SVG. Atau pastikan juga memory internalnya lega tidak penuh supaya ketika diekport sukses. Biasanya kalo gagal karena memory telepon hpnya penuh

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Mudah aja,Pasti Anda pakai HP xiaomi kan??,Sering Hapus Sampah kan? mudah aja kalo di hp xiaomi,Cukup Masuk Aja Ke Aplikasi "Keamanan",lanjut "Pembersih",lalu folder "Sisa" ,Lalu Hilangin Centang folder "Data File" dan masalah SELESAI,Kalo Mau Lebih Nyaman lagi Agar Gabakal Kehapus Lagi,Cukup Tekan folder "Data File" lalu Pilih "Masukkan Dalam Pengecualian" ,supaya ga dihitung Sebagai SAMPAH lagi oleh sistem xiaomi kita (Khusus Xiaomi Aja Gw Taunya ya >//<,Terutama Versi Xiaomi gw MIUI 11.0.2,Versi Androidnya 8.1.0),Anda bisa lihat apa isi Dari "Data File" dengan Mengkliknya... Semoga Membantu!

      Delete
  7. Udah aku save tapi hilang, di dek di internal juga hilang iTunes gimna

    ReplyDelete
  8. Bang gimana cara mengatasi tampilkan garis luar penuh saat di aktifkan
    Samapai gak keliatan gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya gambar yang sedang dibuat vectornya hilang ketika diaktifkan outlienya ya? kalo iya berarti kamu salah pilih sebagai apa gambar kamu import ke infinite Design. Seharusnya pilih Jiplak, maka ketika outlinenya diaktifkan, maka gambar yang sedang kamu buat vector tidak akan menghilang. Jika memilih "Gambar" ketika sedang mengimpor maka akan hilang ketika outline diaktifkan.

      Delete
  9. kak gimana ya caranya biar garis ga berubah saat udh selesai .. Misal saya kan buat vektor art udah selesai terus saya simpen .. Terus nnti saya buka lagi pasti ada garus yg berubah bentuk nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena ujung sama ujungnya gak disatuin kak, saya biasanya hapus dikit saja ujung dari garis. dikit aja, nnti kalo diclose dan disimpan pasti gk akan rubah

      Delete
  10. Mas Mohon jawab,bimbang banget pilih versinya wkwkw,Mas sendiri pake Versi yang mana?? devicenya apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai versi terbaru soalnya premium, dan pakai Realme 5i

      Delete
  11. kak saya tidak bisa mewarnai otomatis kak dengan tull isi tu kak
    solusi nya gimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mewarnai otomatis pake tool fill, agak susah ya,.sering Ngebug juga, solusinya buat otomatis aja pake tool Pen dan brush lasso

      Delete
  12. Om..kalo impor gambar yg muncul warna putih doang...mohon solusinya..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jga sering ngalamin sepertinya itu, itu biasanya resolusi gambar terlalu besar dan memori internal atau RAM androidnya penuh, jadi aplikasi gagal membaca gambar...jadi solusinya coba ubah ukuran gambarnya di picsay pro, resize aja menjadi normal,...lalu coba masukin ke ID, pasti normal...saya sering ngalamin di Xiomi A4

      Delete
    2. Maaf kasih saran, mungkin bisa. Saya pernah ngalamin itu. Terus saya pindahkan file gambarnya ke folder tempat nyimpen hasil foto hape. Terus saya import ke ID kemudian muncul gambarnya.

      Delete
  13. Bang gmna caranya biar infinite desainya ngga bebayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar aja mas, cuma 60ribu sekali bayar. Murah sudah itu

      Delete
  14. aplikasi infinite design itu berbayar, saya blm tau bagaimana caranya unlock tool tanpa bayar

    ReplyDelete
  15. mengapa saat menggunakan gradient selalu berubah warna sendiri?.
    maksudnya saat menggunakan gradient pertama tidak apa",namun saat menggunakan gradient yang kedua, warna yang pertama ikut berubah menjadi warna yang sama dengan warna kedua.
    semoga paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, ini adalah permasalahan yang dulu sering terjadi pada infinite design saya juga. Namun sekarang sudah teratasi. Mengatasinya juga cukup mudah yaitu ketika sudah memberi gradient ke objek lain dan ingin memberi gradient objek yang selanjutnya, maka pastikan kamu klik terlebih dahulu objek yang akan diberi gradient dan baru kamu ubah warna gradientnya.

      Ini dikarenakan ketika kamu sudah memberi gradient ke objek dan mnegklik centang, walaupun sudah tidak sedang memberi gradient pada objeknya itu, tool gradient masih terhubung dengan objek yang telah diberi gradient sebelumnya. Sehingga ketika kamu ubah warna gradient karena akan membuat gradient pada objek lain, maka objek yang sebelumnya kita kasih gradient akan berubah juga warna gradintnya sesuai yang kita ubah.

      Jika blm paham, silahkan reply komentarnya ya...

      Delete
  16. Saya pakek Xiaomi redmi s2 , kedala saya gagal menyimpan project yg belum selesai, mksd saya mau di lanjut lain waktu, pas di buka kembali malah beberapa layer hilang .

    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan ketika mengerjakan projeknya setiap 5 menit sekali disave ya, secara rutin. Dan kalo mau melanjutkan projeknya nanti, pastikan keluar dari aplikasinya secara normal, jangan langsung klik tombol home. Jika masih tetap, coba ganti versie IDnya

      Delete
  17. Kak, kenapa setiap saya masuk di id, itu selalu macet hp saya, kayak mesti diketuk berkali kali baru bisa, padahal aplikasi ori, trus memori hp saya juga gak full, itu knapa ya kak? Hp saya Oppo a1k
    Mohon reply kak🙏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. macet ketika sudah memasukan photo atau pas buka aplikasinya langsung macet? Saya juga pernah atau bahkan dulu sering macet seperti itu tapi kalo saya problemnya ketika memasukan photo dan langsung macet. Dan ternyata ketika diselidiki penyebabnya adalah ukuran photonya terlalu tinggi. Sehingga menyebabkan patah-patah ketika menggunakan aplikasi id-nya dan langsung force close bahkan hp restart sendiri.

      Delete
  18. Gan, kalo line art hilng setelah d close itu bug ya?
    Ad solusi ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo line art yang dibuat dengan menggunakan Tappered dan Pen biasanya saya suka menghapus line artnya dikit saja atau dengan sengaja buat garis bersinggungan dengan garis lain kemudian segment. Insha Allah tidak aka ngebug lagi

      Delete
  19. Saya tiba" Tidak bisa untuk menambahkan kertas baru malah ujung"nya di suruh beli tolong pencerahanya

    ReplyDelete
  20. Maaf bang mau nanya nih, pas saya pake Tool pens untuk buat desainnya terus mau di isi warna kok ga bisa hanya kedip² saja warna nya ya bang, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena bukan di layer yang benar Mas, itu mungkin Masnya nge-Fill di layer yang kosong

      Delete
  21. Halo kak
    Mau tanya
    Kalo layernya tetep ada tp isi layernya ilang caranya gmna kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, iya itu juga bisa dikatakan error. Ini biasanya terjadi jika kamu membuat projek yang sangat banyak objek yang dibuat dalam layer yang terpisah-pisah sehingga membuat aplikasinya sangat berat, jadi jika kamu keluar dari aplikasinya, maka hal yang tersebut pasti terjadi. Jadi saran saya jika kamu sedang membuat projek yang membutuhkan banyak layer dan projek yang membutuhkan banyak objek, pastikan kamu merge layer terlebih dahulu jika kamu ingin keluar dari aplikasi. Nanti saya pastikan tidak akan terjadi. Soalnya saya juga pernah mengalami error seperti itu namun ketika saya merge semua layernya menjadi hanya 1 layer yang tersedia akan tetap aman jika kita keluar aplikasinya dan masuk ke projek tersebut.

      Delete
    2. dan juga pastikan ukuran canvas ganti ke unlimited, biar lebih work dan ringan pada aplikasinya...

      Delete
  22. Bang mau tanya, saya sering liat video pas ngedit itu cuma pake garis luar, tapi pas saya coba kok gambarnya jadi gak keliatan bang cuma garisnya aja? Itu apk nya atau emang gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya di jenis gambar ketika kamu import gambar, pilih "Jiplak" ketika sedang masukan gambar ke projeknya jangan pilih "gambar". Soalnya ketika kita import gambar akan muncul 2 option setelah kita memilih gambar yaitu "Jiplak" dan "Gambar"

      Delete
  23. Permisi bang. Abang pakek ID versi brpa

    ReplyDelete
  24. Tutorialnya sangat bermanfaat, maju terus blognya bang.

    ReplyDelete
  25. bang, cara ngatasin align dan spacing yg tidak muncul bgmn ya?

    ReplyDelete
  26. Cara ngatasi warna yang hilang gan soalnya habis saya warnain dan done projek tinggal disv terus keluar dri apk warnanya jadi hilang broo gmna atasinya?

    ReplyDelete