Tips Supaya bisnis Jasa Vector kita banyak yang order

Tips simple Supaya bisnis Jasa Vector kita banyak yang order setiap hari. 


Kini design grafis menjadi salah satu hal yang banyak digemari banyak orang, dan tidak sedikit pula banyak kalangan "Tukang Vector” (Orang yang membuat Vector/Jasa Vector) menjadikan ini suatu ladang bisnis yang lumayan menjanjikan.

Salah satu alasannya yaitu kini kebanyakan orang-orang merasa bosan akan photo-photo kenangan mereka jika dicetak, karena hanya photo hasil jepretan saja. Sehingga tidak ada yang terlalu spesial dan menarik. Maka ini menjadi kesempatan untuk para tukang vector untuk unjuk gigi dan menawarkan supaya photo kenangan menjadi lebih spesial dan berkesan.

Namun terkadang banyak kalangan tukang vector yang masih kebingungan mencari solusi bagaimana supaya orang-orang tertarik untuk menggunakan jasa vectornya. Dan juga cara pemasaran yang sangat sulit untuk menjadi tukang vector.

Kenapa?

Karena tukang vector itu tidak bisa membuka toko di situs marketplace seperti tokopedia, shopee, atau yang lainnya. Karena mereka itu bukan menjual barang melainkan jasa. Namun berbeda jika si tukang vectornya membuka jasa + cetak dan bingkai.

Nah jika kamu adalah salah satu dari kalangan tukang vector atau ingin menjadi tukang vector yang masih bingung cara pemasarannya. Berikut saya paparkan cara saya memasarkan jasa vector sehingga setiap hari kebanjiran orderan.

1. Matangkan terlebih dahulu kemampuan Anda

Mematangkan kemampuan kamu dalam membuat vector adalah menjadi kunci utama supaya costumer tertarik dengan jasa kamu. Jika kamu masih belajar dalam membuat vector atau masih pemula 1 bulan /2 bulan, saya sarankan jangan terlebih dahulu membuka jasa. Silahkan kamu asah terlebih dahulu kemampun kamu.

Dalam pengalaman saya sehingga sekarang membuka jasa vector, membutuhkan kurang lebih 2 tahun belajar. Sehingga memiliki gaya/style vector saya tersendiri dan hasil yang cukup membuat costumer puas.
2. Mempunyai style sendiri

Supaya membuat costumer menjadi lebih tertarik, maka kamu harus memiliki style kamu sendiri. Atau dalam kata lain jangan meniru style orang lain. Dalam pengalaman saya, saya pernah menerima orderan dari costumer saya dan saya sengaja coba menggunakan style orang lain(meniru). Dengan hal ini saya membuat style vector yang berbeda dengan style yang saya gunakan dalam vector yang saya gunakan untuk promosi.

Alhasil, costumer complain. Ingin full revisi. Mungkin costumer ini juga heran kenapa hasil orderan dia berbeda dengan sample yang dipromosikan. Sehingga saran saya buatlah style sendiri dan jangan meniru style orang lain. Karena kita sebagai tukang vector harus memiliki sesuatu hal yang spesial dan berbeda fengan tukang vector yang lainnya.

3. Buat akun instagram khusus jualan

Setelah dua hal diatas kamu miliki, kamu bisa langsung tancap gas buka jasa vector di instagram. Kenapa sih harus di instagram? Karena oarang-orang yang bisa kita jangkau di instagram lebih banyak ketimbang dari sosial media lainnya (menurut saya dan sesuai pengalaman).
Maka dari itu silahakn kamu siapkan minimal 10 vector hasil buatan kamu sendiri dan tentunya yang menurut kamu bagus. Buatlah akun istagram dengan nama dan id yang kamu inginkan. Bisa personal ataupun umum.

Kemudian upload semua vector tersebut dan beri caption yang sederhana namun membuat costumer tertarik. Dan jangan lupa beri hashtag supaya menjangkau banyak orang.

4. Buatlah tampilan IG yang elegant

Setelah semua postingan diaupload, maka buatlah akun IG kamu terlihat elegant dan profesional. Sehingga kamu bisa menambahkan sorotan “Cara Order”, “Testimoni”, “list harga”, dan lainnya. Selain pada sorotan, supaya lebih elegant lagi kamu bisa membuat background vector kamu sendiri dan semua vector kamu gunakan background kamu sendiri.

5. Pasang iklan Paid Promote di akun IG terkenal

Jika akun IG kamu masih sepi dan belum ada costumer yang order. Kamu bisa pasang iklan di akun IG terkenal. Minimal dengan akun yang memiliki follower 50rb keatas. Ini supaya lebih banyak orang lagi yang terjangkau. Selain itu, kamu juga mendapatkan follower yang lumayan hasil dari paid promote tersebut. Dengan rata-rata menggunakan biaya 30rb keatas, hasilnya juga cukup lumayan.

6. Pasang iklan di instagram

Jika kamu ingin lebih banyak lagi jangkauan, maka caranya dengan memasang iklan di instagram. Namun tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit ketimbang paid promote. Dibalik itu kamu bisa mendapatkan banjiran orderan yang wah serta tambahan follower.

7. Open reseller

Nah ini adalah salah satu trik andalan saya. Selain akan menguntungkan pada diri kita sendiri, untuk orang lainpun sangat menguntungkan. Reseller disini adalah orang yang menjadi partner kamu yang mempromosikan kembali jasa vector kamu, atau juga bisa disebut sebagai perantara kamu dengan costumer.

Umumnya orang yang minat menjadi reseller vector adalah orang yang memiliki usaha sendiri seperti jual costum case smarthphone.

Baca Juga : Tutorial membuat vector Gracia JKT48 di Infinite Design versie halus

Namun biasanya supaya seseorang ingin menjadi reseller kamu, maka kamu harus rela memotong sedikit harga dari vector yang kamu tentukan. Namun untuk hal ini sangat tergantung terhadap orang yang akan menjadi reseller. Ada yang ingin dipotong harga atau tetap. Dan menurut saya ini adalah cara yang efektif.

Jika masih belum mendapatkan orderan, berarti kamu harus menambahkan sample-sample vector yang lebih menarik costumer. Dengan membuat contoh vector dengan wajah artis-artis terkenal. Dan juga membuat koneksi dengan sesama tukang vector seperti kolaborasi dan yang lainnya.
Jika kamu konsisiten dengan bisinis kamu ini,bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan pendapatn melebihi seorang PNS (Insya Allah).

Yuk terus berkreasi dan jadikan hobi kita sebuah ladang bisnis yang membuat kita menjadi orang sukses. Semoga bermanfaat, dan trus belajar!

0 Response to "Tips Supaya bisnis Jasa Vector kita banyak yang order"

Posting Komentar

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah dengan bijak.

Terima kasih,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel